Ahlan Wa Sahlan

Selamat Bergabung Dalam Komunitas Para Pencinta Al-Qur'an

Kamis, Juni 28, 2018

Villa Quran el-Taisiir, Hadirkan indahnya hidup bersama al-Quran

Bismillahirrahmanirrohim..
Sungguh terasa syukur kepada Allah, kami kembali menyapa para sahabat pencinta al-Quran melalui blog ini. Hampir 9 tahun kami tersibukkan banyak urusan. Semoga jumpa kali ini menjadi penyegar semangat kita semua. 
Shalawatan dan salam kepada sang pembawa risalah al-Quran, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, para keluarga serta para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Sahabat pencinta al-Quran yang kami banggakan,, kini el-Taisiir pusat sudah memiliki amanah villa di kampung Cipaok, citapen desa Cileungsi kecamatan Ciawi Bogor lho,, dan villa ini dinamakan VILLA QURAN el-Taisiir. untuk kalian yang pernah mampir, pasti punya kesan yang wow..! Emang iya segitunya,,.? Kalau penasaran, coba deh check sendiri di googl map, dengan key word : villa quran el-Taisiir. Dari Google map kalian bisa lihat-lihat suasana di villa dan sekitarnya.

Biar lebih jelas. Coba simak baik-baik pengantar berikut :

Profile Villa qur'an el-Taisiir 

el-Taisiir, adalah nama sebuah metode yang menghadirkan kemudahan mempelajari cara baca Al-Quran. Atas izin Allah, Dengan motto “Wujud Nyata Kemudahan Al-Quran”, el-Taisiir mampu memperkenalkan tilawah tartil tanpa teori bukan sesuatu yang sulit atau mustahil. Untuk mewadahi kiprah dakwah di nusantara, pada tanggal 13 september 2006, el-Taisiir dikukuhkan menjadi nama Yayasan yang membawahi Lembaga Qur’an el-Taisiir dan el-Taisiir conseling centre (Ruqyah Syaríyyah). Dalam waktu yang relative singkat, el-Taisiir membuka cabang di beberapa daerah, serta menjalin kerjasama dengan lembaga formal maupun informal.
 
Memasuki tahun ke-10 (Tahun 2016), Lembaga Quran el-Taisiir membuka program bersama mencintai Al-Quran. Untuk kenyamanan peserta didik program ini melakukan pengkondisian tempat dengan suasana ideal degan konsep  “Villa Qurán el-Taisiir” dengan harapan dapat menjadi pilihan alternative berlibur keluarga, kelompok atau individu muslim agar lebih dekat dengan Alquran ; membaca, menghafal dan memahami, untuk dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah..., udah ngeh belum,,?? 
Di villa Quran el-Taisiir ini, ada beberapa program yang pasti asyik buat kalian ikuti. Mau tahu,,?

Paket Program
Di lingkungan yang asri dan sejuk serta pemandangan gunung pegunungan,  dengan motto “Wisata Quran Menjemput Mutiara Yang Hilang” Lembaga Quran el-Taisiir menawarkan beberapa program berlibur sbb :
• Tahsin (Belajar/memperbaiki bacaan Al-Quran)
• Tahfizh (Menghafal Al-Quran)
• Tadabbur (mendalami makna Al-Quran)
• Konseling (keluarga/perseorangan) dan
• Pesantren kilat (sanlat liburan sekolah).

Mau tahu yang terbaru di Lembaga Quran el-Taisiir ...??

PROGRAM TAHFIZH MUQIM LEMBAGA QURAN el-Taisiir 

Program tahfizh yang dirancang guna menyiapkan putra-putri Islam menjadi generasi peneladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dalam membaca, menghafal, memahami serta mengamalkan al-Quran dalam kehidupan mereka kelak. Ada syarat-syarat yang ditentukan untuk tiap peserta, sebagai berikut : 

1. Syarat peserta : 

(a. Memiliki kemampuan baca dengan standar tahsin yang benar (terhindar dari lahn jaly dan khafy
b. Atau telah mengikuti bimbingan tahsin di el-Taisiir minimal 1 tahun
c. Sehat jasmani & rohani
d. Mendapat izin dari orang tua / wali
e. Bersedia mengikuti program selama 2 tahun
f. Usia minimal 13 tahun

Jika memenuhi syarat-syarat tersebut dan lulus seleksi, peserta didik akan diberikan program pra-tahfizh. Yaitu dengan evaluasi & identifikasi tilawah tartil dan kemampuan menghafal. Ini dilakukan agar mudah menentukan kewajiban murojaah tiap peserta didik nantinya. 

Selain menghafal baru (ziyaadah) dan murojaah, peserta didik akan dibekali dengan pelajaran tambahan yang bermanfaat :
a. Materi dasar-dasar akidah dan akhlaq 
b. Materi kepribadian seorang muslim/muslimah.
c. Materi tadabbur ayat / surat yang dihafal, dan 
d. Silaturrahim di luar asrama.

Menghafal Quran dalam 2 tahun, bisakah..??

Bisa jadi, kita adalah salah satu yang pernah ragu terhadap kemampuan yang Allah berikan. Terutama kemampuan untuk menghafal al-Quran. Ya, menghafal al-Quran secara penuh, lengkap 114 surat 30 juz atau 60 hizb. Hal ini lebih disebabkan kita belum mencoba dengan serius dan sabar. Atau kita belum memberikan ruang paling luas untuk al-Quran sebagai prioritas dalam hati dan hidup kita. 

Masih ragu,,,?
Coba perhatikan dan renungkan dengan baik. Setiap orang tua tak pernah letih menunggu seorang bayi tumbuh kembang sampai  mampu berjalan. Semua dijalani dengan bahagia. Seorang pelajar akan menjalani hari-hari dalam waktu 3 sampai 6 tahun sampai mereka tidak lagi berseragam putih-biru atau putih-abu. Jomblowan atau jomblowati yang akhirnya menikah, pun menjalani penantian dengan penuh sabar dan tawakal. Semua dijalani dengan penuh bahagia. Sampai kebahagiaan yang dicitakan hadir pada waktu yang tepat, dalam kehendak Allah. Jadi, bukan mustahil di usia sekarang anda pun bisa menghafal al-Quran. Karena janji Allah sangatlah pasti. Al-quran itu mudah untuk dihafalkan (dipelajari). Kok jadi ngelantur..? Bukan,,, ini biar lebih mantap dan yakin ikuti program tahfizh 2 tahun di villa quran el-Taisiir.

Ini simulasi dan jadwal menghafal program muqim di villa Quran el-Taisiir.

a. Hafalan baru (Ziyadah) 1 lembar/hari
Ahad-Kamis = 5 lembar = 1 hizb (1/2 Juz) = 2 juz/ bulan.
Jumat : menguatkan hafalan Ziyadah pekanan + tilawah surat Alkahfi 
Sabtu : tasmi’ 1 hizb terbaru & libur Ziyadah.
-+ 15 bulan = 30 juz. 
Setiap selesai 1 juz, santri off Ziyadah selama 3 hari untuk persiapkan tasmi’ juz terbaru 1x duduk. ( total waktu penguatan 15 hari).
Setelah selesai Ziyadah 5 juz, santri off Ziyadah selama 1 pekan untuk persiapan ujian 5 juz hafalan (total waktu penguatan 15hari + 7 hari  = 22 hari).
Setelah selesai Ziyadah 10 juz, santri off Ziyadah selama 2 pekan untuk persiapkan ujian 10 juz. (Total waktu penguatan 15 hari+14 hari = 29 hari atau dibulatkan 1 bulan).
Setelah selesai Ziyadah 15 juz, santri off Ziyadah selama 3 pekan untuk persiapkan ujian 15 juz. (Total waktu penguatan 15 hari + 21 hari = 36 hari).
Setelah selesai Ziyadah 20 juz, santri off Ziyadah selama 4 pekan untuk persiapkan ujian 20 juz. (Total waktu penguatan 15 hari + 28 hari = 43 hari / 1,5 bulan).
Setelah selesai Ziyadah 25 juz, santri off Ziyadah selama 5 pekan untuk persiapkan ujian 25 juz. (Total waktu penguatan 15 hari + 35 hari = 50 hari / 1 bulan 20 hari).
Setelah selesai Ziyadah 30 juz (khatam), santri diberi waktu 6 pekan untuk persiapan ujian 30 juz. (Total waktu penguatan 15 hari + 42 hari = 57 hari => +- 2 bulan.
PERKIRAAN : 15 BULAN menghafal + 7 BULAN 22 HARI penguatan (232 hari) = 22 BULAN 22 HARI = 30 juz
Ada sisa waktu 1 bulan 8 hari (estimasi untuk liburan dan keperluan lain).
Usulan waktu libur 20 hari (Tgl 20 Ramadhan – 10 Syawal).
b. Tugas murojaah harian = 1/10 total hafalan
Santri yang sudah memiliki hafalan awal, akan ditugaskan murojaah 1/10 dari total hafalan lama.


O iya,, ternyata mudah dan terencana..
Tapi,,untuk  usia, waktu dan kesibukan sekarang, apa masih memungkinkan ...?? Tunggu, tunggu,,! Jangan khawatir dulu..! Karena masih ada program yang mungkin lebih pas buat yang masih sekolah atau sedang kuliah di PTN atau PTS unggulan. Villa Quran el-Taisiir menyediakan program paket berlibur selama 3 bulan sampai 6 bulan. Yang mana target akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Adapun jadwal program ini akan disesuaikan dengan jadwal kegiatan harian villa Quran el-Taisiir. Sedangkan muatan materi pilihan ya adalah :
a. Tahsin tilawah
b. Hafalan baru (ziyaadah)
c.. muraajaah hafalan lama.

Untuk jadwal kegiatan harian di villa Quran el-Taisiir sbb : 

a. 03.00 – 04.15 : Mandi, qiyamullail & persiapan shalat subuh
b. 04.15 – 05.00 : shalat subuh & dzikir pagi
c. 05.00 – 06.00 : siapkan hafalan Ziyadah/murojaah mandiri 
d. 06.00 – 08.00 : istirahat (sarapan,bersih kamar dan persiapan halaqoh pagi).
e. 08.00 – 11.00 : SESI PAGI
f. 11.00 – 12.15 : qoylulah (tidur sebelum zuhur).
g. 12.15 – 13.00 : shalat zuhur berjamaah & makan siang
h. 13.00 – 15.00 : murojaah tsuna’iyyah/mandiri/ mempersiapkan Ziyadah.
i. 15.00 – 15.45 : shalat asar berjamaah
j. 15.45 – 17.00 : SESI SORE
k. 17.00 – 18.00 : istirahat, persiapan shalat maghrib (dzikir petang)
l. 18.00 – 19.00 : shalat magrib berjamaah & makan malam
m. 19.00 – 21.00 : shalat isya’, tahsin tilawah (ustzh. Fatriyah), membaca QS. Almulk & murojaah/siapkan Ziyadah 
n. 21.00 – 03.00 : istirahat

Subhanallah,, ini pas banget kan..? In sya Allah..
Terlebih biaya program di villa ini terbilang terjangkau dan tidak memberatkan. Ini rincian biaya program tahfizh muqim villa Quran el-Taisiir sbb :
1. Uang pendaftaran.                                   : Rp   300.000,-
2. Uang pangkal.                                         : Rp.  7.000.000,-
3. Uang SPP bulanan                                   : Rp.  1.200.000,-
4. Uang kegiatan di luar villa persemester  : Rp  2.500.000,-

Sahabat Quran.., Jika di dalam hati tercetus niat baik maka jangan sekali-kali menunda, karena syaiton setiap saat mengintai setiap mukmin untuk dijauhkan dari kebaikan.

Sekian dulu gambaran info terbaru el-Taisiir pusat.. untuk keterangan lebih engkau bisa hubungi CP. 081280263888 ( ustzh Fatriyah) atau 081281487500/ 089654155054 (ust A. Saiful Amin). 

Wassalamualaikum wa rahmatullah wa barokatuh.

Tidak ada komentar:

Pengikut